New Version: Start 1-4-2013

Depan > Tutorial Dasar > Domain dan Hosting > Apa itu domain dan web hosting?


Apa itu domain dan web hosting?




Tentang Nama Domain

Domain adalah nama dari alamat website seperti
www.google.com. Domain seperti ini disebut Top Level Domain (TLD). Nah alamat website gratisan yang Anda peroleh dari Geocities misalnya merupakan subdomain. TLD jelas lebih keren dan lebih profesional dibanding subdomain. Tentu saja, domain ini harus beli.

Di dunia ini belum ada yang memberikan domain gratis, yang ada paling menggratiskan domain untuk membeli paket layanan tertentu dari perusahaan tersebut, misalnya membeli paket hosting. Domain harus dibayar per tahun dan setiap tahunnya harus diperbarui.

Berbeda dengan domain global, domain dengan ekstensi dari Indonesia hanya perlu membayar sekali saja waktu mendaftar. Namun demikian, domain lokal Indonesia jarang diminati karena memiliki ekstensi dua kali misalnyua .co.id.

Selain itu domain lokal Indonesia juga tidak bisa didaftarkan secara langsung sehingga bisa dipahami peminat domain lokal tak sebanyak domain global. Berbeda dengan domain global seperti .Com dan .Net yang siapapun boleh untuk mendaftarkan domain tersebut, siapa cepat dia dapat kecuali domain yang mengarah ke jelas-jelas nama sebuah perusahaan atau nama tokoh ternama.


Ketentuan masa berlaku domain, expired, dan renew di OWH.

Masa berlaku domain adalah per 1 tahun atau maksimal hingga 10 tahun jika diregister langsung secara maksimal, dan bisa diperpanjang minimal 1 tahun dan maksimal 10 tahun.
Setelah itu domain akan memasuki masa expired.

Anda diharuskan memperpanjang domain (renew) untuk minimal 1 tahun ke depan. Masa tenggang untuk renew domain adalah maksimal 30 hari.
Lewat dari 30 hari Officialwebhosting tak menjamin domain tersebut bisa direnew kembali.

Masa aktif domain: per 1 tahun
Masa tenggang renewal: 30 hari
Penghapusan domain by system: setelah 30 hari hingga maksimal 60 hari

(biasanya 10 hari setelah masa tenggang renewal, domain sudah dihapus oleh system, setelah ini, domain baru bisa didaftarkan/tersedia untuk diregister sebagai domain baru).

Setelah domain tidak direnew, maka dalam sekian hari akan memasuki antrean dalam sistem penghapusan domain. Setelah dihapus, maka domain akan kembali tersedia di pasaran sekitar 10-20 hari kemudian. Tidak ada yang bisa menjamin bahwa seseorang bisa mengambil kembali domain tersebut karena ketika domain tersebut tersedia maka semua orang bisa mendaftarkannya.


Lalu apa itu hosting?
Setelah membeli domain, Anda perlu menambatkan "rumah domain" tersebut ke sebuah tempat yang disebut hosting. Hosting ini tempat menaruf file-file yang akan Anda tampilkan di dalam website. Hosting berupa seperangkat komputer yang disebut serer yang harus online 24 jam agar website Anda bisa diakses 24 jam oleh pengunjung.

Banyak tawaran hosting gratis namun biasanya selalu ada banner atau iklannya sehingga mengganggu tampilan situs Anda. Hosting gratis tentu saja tidak menyediakan semua fasilitas penuh untuk mengelola website.

Ketentuan masa berlaku webhosting di OWH

Masa berlaku webhosting di OWH mengikuti masa berlaku domain. Jika domain expired, maka hosting juga akan expired.
Jika seseorang order hosting di tengah masa berlaku domain (bukan sejak awal langsung order hosting), maka biaya hosting akan dikurangi dengan sisa masa berlaku domain yang telah lewat.

Ketentuan ini dibuat untuk mempermudah billing.



Apakah jawaban ini membantu?

Tambahkan ke Favorit Tambahkan ke Favorit    Cetak artikel ini Cetak artikel ini

Juga Baca

Powered by WHMCompleteSolution

Bahasa:
Find Us with!
Payment Method

Services

Billing

Support